Master di dunia komunikasi kembali menggelar Communications Master Camp dimana webinar dibagi dalam dua seri. Seri pertama telah di jalankan pada tanggal 30 Juni 2021 digelar oleh Pasca Sarjana Universitas Sahid dengan menghadirkan para pembicara diantaranya, Dr. Fitria Angeliqa, M.Si Model Kom Pemasaran Digital. Kini tercipta komunitas virtual yg mereproduksi cerita produk dan memilih pesan iklan. Konsumen jadi produsen konten, dikepung algoritma dan filter bubble.
Pengiklan masuk ke ekosistem baru interkonektivitas dan konvergensi media. Keberagaman hadir di ruang digital.
Dr. Hifni Alifahmi, M.Si. Digitalisasi PR dan Kom Korporat. Tugas PR menarik simpati, membangun citra, juga citra kota/destinasi dan citra bangsa. Peran PR sebagai teknisi komunikasi, fasilitator, pemecah masalah, expert prescriber perlu dipadu dengan digital PR seperti konvergensi media dan digital storytelling.
Luh Micke Anggraini, Ph.D. Dayatarik Destinasi dan Kom Pariwisata. Pariwisata bukan hanya area geografis dan tempat yang menarik, aspek Access, Amenity, Attraction (3A), juga citra yang unik (iconic image) karena terkait kom pariwisata dan pemangku kepentingan.
Dr. Heri Budianto, M.Si. Membangun Kom Politik Etis. Ini terkait dengan komunikator, pesan, media, khalayak dan efek. Elit politik era digital berinteraksi langsung dengan khalayak aktif.
Medsos jadi kekuatan baru demokrasi. Tantangannya: hoax, politik kebencian (haters vs lovers), dan pesan tidak efektif.
Political branding dengan Segmentasi dan Scorecard (popularitas, akseptabilitas, elektabilitas). Dr. Rahtika Diana, M.Si. Media Baru dan Jurnalistik Digital. Ciri media baru: digitalisasi, interaktif, konvergensi, virtual, hipertekstual. Medsos populer: youtube, WA, IG, FB, Twitter. IG jadi unik karena bercerita dengan visual, fun, membangun pribadi unik pengguna.
Untuk seri kedua kali ini akan dilaksanakan tanggal 28 Juli 2021, dengan Pengantar Webinar Dr. Marlinda Irwanti Pornomo M.Si, dengan para pembicara, Benny Butarbutar M.Si, Dian Agustine Nuriman M.Ikom, IAPR, Devi Roza Kausar, Ph.D, Dr. Andi Munaswir Intan, M.Si, Drs. Arief. H. Thamrin MM dengan Moderator Dr. Wayu Lusinawati M.Si dan seri 3 akan dilaksanakan pertengahan Agustus 2021.
Direktur SPS Usahid Dr. Marlinda Irwanti Pornomo M.Si menjelaskan bahwa ketiga seri ini harus diikuti karena merupakan rangkaian dari dunia komunikasi yang menampilkan lima konsentrasi di Magister Ilmu Komunikasi (MIK) yaitu komunikasi pemasaran, komunikasi Pariwisata, komunikasi media baru dan jurnalistik, komunikasi politik dan komunikasi korporat / PR.
“Kegiatan ini akan dilaksankan tiap tahun oleh Pasca Sarjana Sahid dan akan menggandeng beberapa Universitas lain, mengapa pascasarjana melaksanakan kegiatan ini, yang pertama ComMasterCamp (CMC) ini salah satu bentuk kepedulian SPS/MIK Usahid untuk menebar Ilmu dan Inspirasi seperti tertulis pada tagline 21 Tahun MIK Usahid. Kedua, sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian kami pada dunia komunikasi. Ketiga, dunia komunikasi sangat “Universal dan Global” dengan mempelajari lima konsentrasi MIK Pasca Sarjana Sahid, bisa dimanfaatkan ilmunya sesuai dengan passion karier peserta,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (21/7) .
“Webinar ini sebagai kepedulian untuk menebar ilmu dan inspirasi. Ia mengimbau peserta menyimak lima konsentrasi MIK Usahid sesuai dengan passion peserta”
One Response
thanks alot of information