Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the rocket domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/pask6557/public_html/wp-includes/functions.php on line 6114
Magister Ilmu Komunikasi – Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid

Magister Ilmu Komunikasi

Bergabung dengan Pascasarjana Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Magister Ilmu Komunikasi

Bergabung dengan Usahid dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu!

Kurikulum

Bantuan Penerimaan Mahasiswa Baru

Sejarah Singkat

Program Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana USAHID memberikan kesempatan bagi Anda untuk meraih gelar Magister Ilmu Komunikasi (M.IKom). Tujuan dari program studi ini adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang Ilmu Komunikasi sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Metode pembelajaran yang diterapkan MIK antara lain dalam bentuk : kuliah interaktif, pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis masalah.

Visi

Menjadi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yang Unggul bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan bertaraf Internasional pada kurun waktu 2026.

Misi

  • Melaksanakan tata kelola program studi dengan berlandaskan pada prinsip transpransi, akuntabilitas, keberlanjutan;
  • Menyelenggarakan proses belajar mengajar secara terstruktur untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing yang mampu menyelaraskan ilmu komunikasi dengan kepariwisataan dan kewirausahaan;
  • Menyebarluaskan hasil penelitian terapan dan kaji tindak yang tepat guna dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
  • Mengembangkan jejaring nasional dan internasional guna mewujudkan program studi yang memiliki kompetensi nasional dan internasional.

Tujuan

  • Menjadi program studi magister ilmu komunikasi dengan tata kelola yang baik;
  • Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan memiliki kompetensi dalam bidang komunikasi, kepariwisataan dan kewirausahaan;
  • Menghasilkan karya penelitian yang berkontribusi pada pengembangan ilmu komunikasi dan bermanfaat untuk masyarakat;
  • Menjadi program studi dengan kompetensi nasional melalui kerjasama tri dharma dengan institusi komunikasi, baik dalam maupun luar negeri.

Sumber Daya Manusia

Ketua Program Studi:
Dr. Hifni Alifahmi, IAPR

Dosen Tetap

  • Dr. Marlinda Irwanti, M.Si
  • Dr. Hifni Alifahmi, IAPR
  • Dr. Ridzki Rinanto Sigit, MM
  • Dr. Rahtika Diana, M.Si
  • Capt.Dr. Toto Soebandoro, ST., MM
  • Dr. Frengki Napitupulu, M.Si
  • Dr. Gloria Angelita Tomasowa, M.Si

Peminatan

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi menawarkan 5 pilihan konsentrasi/peminatan sebagai focus keahlian untuk mempertajam bidang kompetensi lulusan, yaitu:

  1. Komunikasi Pemasaran
    Mempelajari tentang: Digital IMC (Integrated Marketing Communications), IMC Planning, Branding, Social Media Marcom.
  1. Komunikasi Pariwisata
    Mempelajari tentang: Destination Brand development, Tourism Promotion, Marketing, Communication& Public Relations.
  1. Komunikasi Korporasi/Public Relations
    Mempelajari tentang: Digital Public Relations, Corporate Communications, Corporate Branding, Corporate Image & Reputation.
  1. Komunikasi Politik
    Mempelajari tentang: Political Branding & Marketing, Candidate Personal Branding, Political Communications.
  1. Media Baru Jurnalistik
    Mempelajari tentang: New Media Communications, Media & Cultural Transformation, New Media & Journalism.

Prospek Lulusan

Lulusan Manajemen Ilmu Komunikasi (MIK) bisa berkarir sebagai :

  1. Posisi manajerial di industri
    Industri teknologi komunikasi, komunikasi korporate atau public relations, komunikasi pemasaran, komunikasi pariwisata, media dan industry lain sebagai Manager, General Manager, Vice President dan Direktur.
  1. Wirausaha
    Pengusaha yang inovatif berkecimpung di industry teknologi komunikasi dan bisnis media era digital, maupun sector riil lain yang terkait
  1. Peneliti dan Pengajar
    Berkiprah di Lembaga Pendidikan negeri/swasta, Lembaga Pemerintah, dan Badan-Badan berskala nasional atau internasional.
  1. Konsultan & Tenaga Ahli
    Berkiprah di sector swasta, pemerintah, BUMN dan nirlaba.
Get in touch

872 Arch Ave.
Chaska, Palo Alto, CA 55318
hello@example.com
ph: +1.123.434.965

Work inquiries

jobs@example.com
ph: +1.321.989.645