EnglishIndonesian

Magister Manajemen

Magister Manajemen

Manajemen adalah studi tentang bagaimana kepemimpinan dan otoritas bekerja di perusahaan dan dalam konteks bisnis umum. Mengambil Magister Manajemen memungkinkan Anda untuk fokus pada bidang manajemen tertentu.

Kurikulum

Bantuan

Penerimaan Mahasiswa Baru

Terbitnya Perpres No. 08 tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012 Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Secara ringkas KKNI terdiri dari Sembilan level kualifikasi akademik SDM Indonesia. Dengan adanya KKNI ini diharapkan akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata Ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal, non-formal, atau in formal) yang akuntanbel dan transparan.

Program Studi Magister Manajemen Universitas Sahid Jakarta memberikan kesempatan bagi Anda untuk meraih gelar Magister Manajemen (M.M). Tujuan dari program studi ini adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang Ilmu Manajemen sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Metode pembelajaran yang diterapkan MM antara lain dalam bentuk: kuliah interaktif, pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran berbasis masalah.

Visi

Menjadi program studi Magister Manajemen yang Unggul bercirikan Kepariwisataan dan Kewirausahaan bertaraf Internasional pada tahun 2026.

Misi

  • Menyelenggarakan proses pendidikan tinggi dibidang manajemen bertaraf internasional dan untuk membantu peserta didik menjadi manusia yang berkualitas, berkemampuan akademik dan profesional sehingga mampu berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan Negara;
  • Mengembangkan penelitian Manajemen Pendidikan Tinggi serta menyebarluaskan dan mendayagunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut secara global untuk pendewasaan budaya masyarakat dan kemaslahatan umat;
  • Mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manajemen pendidikan tinggi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk kebaikan umat manusia dan peningkatan taraf hidup masyarakat;
  • Melakukan jejaring dalam pengembangan dan peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kepariwistaan dan kewirausahaan.

Tujuan

  • Menjadi program studi magister manajemen dengan tata kelola yang baik;
  • Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan memiliki kompetensi dalam bidang manajemen, kepariwisataan dan kewirausahaan;
  • Menghasilkan karya penelitian yang berkontribusi pada pengembangan ilmu manajemen dan bermanfaat untuk masyarakat;
  • Menjadi program studi dengan kompetensi nasional melalui kerjasama tri dharma dengan berbagai institusi, baik dalam maupun luar negeri

Sumber Daya Manusia

Ketua Program Studi: Dr. Jamalullail, MM., M.Si.

Dosen Tetap

  • Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA., BET
  • Dr.Ir. Hariyadi B. Sukamdani
  • Dr. Ekayana Sangkasari Paranita, MM
  • Dr. Iman Basriman, M.Si
  • Dr. Levyda, SE., MM
  • Drs. Bernard Hasibuan, MMSI., Ph.D
  • Dr. Nafiah Ariyani, SE., M.Si
  • Dr. Edison C. Sembiring, MM
  • Dr. Reikman D. P. Aritonang, MM
  • Dr. Erislan, MM
  • Dr. Sugianto, MM
  • Dr. Prabowo, MM

Peminatan

Program Studi Magister Manajemen menawarkan 7 (tujuh) pilihan konsentrasi/peminatan :

  1. Pemasaran Digital
  2. Keuangan Digital
  3. Sumberdaya Manusia
  4. Pariwisata
  5. Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (MK3L)
  6. Pengembangan Destinasi Pariwisata
  7. Manajemen Transportasi Udara

Kompetensi

Sebagai fokus keahlian untuk mempertajam bidang kompetensi lulusan, yaitu :
Penguasaan Pengetahuan Menguasai konsep dan prinsip manajemen yang berkaitan dengan bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pengelolaan, monitoring dan evaluasi kegiatan di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Menguasai perkembangan ilmu dan teknologi manajemen di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Keterampilan Khusus Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah manajemen di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu merumuskan solusi masalah yang kompleks secara terintegrasi dengan memperhatikan sumber daya yang ada.
Mampu meneliti dan menganalisis masalah yang kompleks secara terintegrasi di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan secara tepat untuk mendukung pengelolaan di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Ketrampilan Umum Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk tesis dan tugas akhir. mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Sikap Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap professional dan religius
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Kompetensi Peminatan

NOBIDANG MINATMATA KULIAH BIDANG MINAT
1PEMASARAN DIGITALStrategi Bisnis Digital dan Implementasi / Digital Business Strategy and Implementation
Ekonomi Manajerial / Managerial Economics
Riset Pemasaran Global / Global Marketing Research
2KEUANGAN DIGITALManajemen Cash dan Portofolio / Cash and Portfolio Management
Solusi Finansial Bisnis Digital / Digital Business Financial Solutions
Manajemen Risiko Keuangan Digital dan Teknologi Finansial / Digital Financial Risk Management and Financial Technology
3SUMBERDAYA MANUSIAManajemen Talenta dan Technopreneur / Talent Management and Technopreneur
Hubungan Industrial / Industrial Relations
Manajemen Sistem Kinerja dan Kompensasi / Performance System Management and Compensation
4PARIWISATAManajemen Destinasi Pariwisata / Tourism Destination Management
Perencanaan dan Kebijakan Pariwisata / Tourism Planning and Policy
Manajemen Komunikasi Pariwisata / Tourism Communication Management
5PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA USAHID – UNIVERSITAS INDONESIAManajemen Kawasan Heritage / Heritage Area Management
Kebijakan Social Responsibility / Social Responsibility Policy
Pengendalian Dampak Lingkungan Kawasan Wisata / Controlling the Environmental Impact of Tourist Areas
Pengamanan Luar-Dalam Kawasan Wisata / Security Outside and Inside the Tourism Area
6MANAJEMEN KESEHATAN, KESELAMATAN KERJA DAN LINGKUNGANManajemen Bencana dan Risiko Lingkungan / Disaster and Environmental Risk Management
Kebijakan Pembangunan dan Peraturan K3L / HSE Development Policy and Regulations
Ergonomi dan Higienitas Industri /Ergonomics and Industrial Hygiene

Learning Outcome

  • Mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam menciptakan dan mengembangkan organisasi, mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan sampai pengendalian.
  • Mampu menunjukkan kualitas kepemimpinan yang efektif dalam menjalankan kewirausahaan.
  • Mampu melakukan analisis dan sintesis lingkungan pariwisata dan kewirausahaan, baik mikro maupun makro untuk meningkatkan daya saing organisasi kewirausahaan.
  • Mampu menyusun dan menjalankan rencana pariwisata dan
  • Mampu memahami dan mengartikulasikan teori dan konsep pengetahuan pariwisata dan kewirausahaan untuk mengatasi permasalahan pariwisata yang kompleks.
  • Mampu mengaplikasikan konsep dan alat analisis yang sesuai untuk memecahkan masalah pariwisata dan kewirausahaan secara kontekstual.
  • Mampu memberikan solusi yang inovatif bagi pemecahan masalah pariwisata dan kewirausahaan dengan mempertimbangkan nilai moral, etik, serta aspek-aspek keberlanjutan.

Profil Lulusan

Profil Lulusan Program Studi Magister Manajemen

No

Profil (Peran)

Capaian Pembelajaran

Menurut Level KKNI (Kompetensi Utama)

Ciri Lulusan MM
1Manager di industriLulusan Magister Manajemen memiliki kemampuan untuk mengelola kegiatan yang bersifat manajerialMampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu merancang, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu mengidentifikasi, memecahkan, dan mengkritisi permasalahan di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu merumuskan masalah yang kompleks dibidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Menguasai prinsip, teknik dan system perencanaan di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etikal keprofesian
Mampu bekerja sama dalam kelompok kerja
2Tenaga AhliMampu  memberikan saran dan ide-ide kreatif di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & LingkunganMampu mengembangkan ilmu bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu berkomunikasi secara baik tertulis maupun lisan
Mampu merencanakan dan menganalisis kebutuhan sumber daya di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & LingkunganMampu memanfaatkan peluang dan menciptakan nilai tambah di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
3Peneliti dan PengajarMampu mengidentifikasi, menganalisis dan mengkritisi permasalahan penelitian di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & LingkunganMampu mengembangkan ide kreatif dan teknologi di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu merencanakan dan mengevaluasi kegiatan penelitian dengan baik di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian secara baik melalui forum ilmiah maupun jurnal ilmiah.
4Wirausahawan/tiMampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen untuk mendukung kegiatan bisnis di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & LingkunganMampu bersaing dalam kegiatan bisnis di tingkat nasional maupun internasional di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu  mengelola dan mengem-bangkan kegiatan bisnis di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Mampu membangun jaringan bisnis pada tingkat nasional maupun internasional di bidang Keuangan, Pemasaran, SDM, Pariwisata, dan Keselamatan Kerja & Lingkungan
Get in touch

872 Arch Ave.
Chaska, Palo Alto, CA 55318
hello@example.com
ph: +1.123.434.965

Work inquiries

jobs@example.com
ph: +1.321.989.645